Makanan untuk Kesuburan Suami-Istri

8 Juni 2010 pukul 12:34 | Ditulis dalam Kesehatan, tips | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Terapi dengan makanaan (food therapy) dapat dijadikan pelengkap untuk mengimbangi terapi ketidaksuburan secara medis. Untuk itu, diperlukan pengetahuan khusus tentang makanan dan zat gizi yang dapat meningkatkan kesuburan suami-istri.

Banyak faktor yang menjadi penyebab ketidaksuburan suami-istri. Walaupun demikian, menjaga berat badan normal baik istri maupun suami amat penting jika merencanakan untuk memiliki anak. Dalam kesimpulan sejumlah riset disebutkan wanita kegemukan atau kekurusan lebih sering mengalami kegagalan pembuahan.

Untuk itu, diperlukan usaha sungguh-sungguh untuk membatasi asupan makanan sumber kalori, terutama karbohidrat dan lemak. Penting juga memperkaya keragaman bahan makanan, terautama yang kaya zat gizi penyubur sistem reproduksi, terutama vitamin C, vitamin E, vitamin B12, betakaroten, asam folat, selenium, zat besi, seng. Selain itu, minyak biji flax (flazseed oil) diduga memiliki sumbangan besar terhadap kesuburan suami-istri.

Secara khusus, pria perlu lebih memperhatikan asupan makanan sumber vitamin C dan vitamin E, ang sangat baik bagi kesuburannya. Seng dan likopen alami pun penting untuk memperbaiki kesehatan sistem reproduksi dan meingkatkan kesuburannya. Sebagaimana wanita, yang membutuhkan cukup asupan asam folat untuk mempersiapkan pembuahan sel telur dan kehamilan yang sehat, pria pun memerlukan asam folat untuk menunjang sistem reproduksinya.

Untuk menjalani fod therapy, kita tidak harus merombah pola makan sehat kita selama ini. Hanya diperlukan sedikit penyempurnaan dengan lebih sering dan lebih banyak mengkonsumsi beragam makanan sumber zat gizi penyubur sistem reproduksi berikut ini.

Pepaya
Selama ini kita mengura hanya buah yang memiliki rasa asam, seperti jeruk, paling banyak mengandung vitamin C. Kenyataannya tidaklah demikian. Sebab ternyata pepaya yang tidak sedikit pun memiliki rasa asam, sangat berlimpah vitamin C. Sementara jambu biji lokal, kandungan vitamin C-nya paling banyak diantara buah-buahan lokal kita.

VItamin C merupakan antioksidan dan tangguh. Ia membantu menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bagi pria, antioksidan ini memperbaiki mutu sperma, dengan cara mencegah radikal bebas merusak lapisan pembungkus sperma. Asupan vitamin C terbatas menjadi salah satu faktor penentu ketidaksuburan.

Buah-buahan lain sumber vitamin C: jambu biji lokal, belimbing manis, mangga, kedondong, nanas, rambutan, sirsak, srikaya, stroberi, kiwi. Sayuran yang disantap mentah sebagai lalap, salad atau sambal pun merupakan sumber vitamin C yang baik. Diantaranya kol (terutama kol merah), paprika, cabai merah, cabai rawit, aneka lalapan daun muda (daun gandaria, daunjambu mete, daun pepaya, selada air).

Daging
Bahan makanan hewani merupakan sumber mineral seng (zinc) yang andal. Banyak penelitian mengindikasikan bahwa kekurangan seng mengganggu pematangan sel telur. Selain itu, seng penting juga untuk metabolisme hormon, pembentukan sperma, dan pergerakan sperma.
Makanan lain sumber seng: ayan, kerang, kepiting, beras merah.

Kacang Tanah
Selama ini kacang tanah dikhawatirkan menjadi pencetus gangguan hati dan kanker hati. Sebab bagian kepingnya rawan ditumbuhi kapang Asoergillus flavus penghasil racun aflatoksin, yang bersifat karsinogenik (merangsang munculnya kanker). Karena itu, pilihlah butiran kacang tanah dengan keping yang baik dan utuh. Jika sedang mengunyah kacang tanah dan terasa getir atau pahit, jangan ditelan.

Dalam kacang tanah banyak tersimpan vitamin E. Bersama selenium, vitamin E bekerja sama melindungi sel terhadap serangan radikal bebas. Wanita yang sulit hamil, menurut beberapa riset, umumnya darahnya memiliki kadar vitamin E rendah. Bagi pria, kecukupan asupan vitamin E dapat melindungi lapisan pelindung sperma terhadap serangan radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga meningkatkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur, sehingga kehamilan lebih mudah terjadi.

Sumber lain vitamin E: kenari,kacang mete, almond, kuaci tawar biji unga matahari, brokoli, taoge, alpukat, mangga.

Minyak biji flax (flaxseed oil)
Minyak flaxseed mampu menyehatkan fungsi saluran rahim, sehingga bermanfaat mengatasi masalah kesuburan. Minyak biji flax dapat diperoleh di toko obat (drug store) ternama, terutama yang banyak terdapt di mal-mal. Dijual dengan nama flaxseed oil. Sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari dua sendok teh per hari.

Tahu
Selain berlimpah kalsium, tahu juga sarat zat besi, Dari sejumlah hasil riset diketahui bahwa keterbatasan asupan zat besi dapat mengagalkan terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Guna meningkatkan peran zat besi, diperlukan cukup asupan vitamin C.

Sumber lain zat besi:
udang, kerang, daging, kepiting, kauci tawar biji labu, manisan kering alami (kurma, kismis/sultana, prune, aprikot). kacang-kacangan kering (kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, kedelai, tempe).

Yogurt
Sebaiknya pilih yogurt polos (plain yoghurt), yakni putih tanpa pewarna sintetis, pemanis sintetis, pemantap sintetis (stabilizer), maupun esens sintetis, Susu fermentasi ini banyak mengandung vitamin B12. Kecukupan asupan vitamin B12 sangat penting jika kita merencanakan untuk mempunyai anak (hamil). Karena ternyata kadar vitamin B12, terbatas dalam darah, menurut hasil sejumlah riset, berkait sangat erat dengan kesulitan mendapatkan keturunan.

Sumber lain vitamin B12, yang bisa diandalkan: daging, kepiting, kerang, tuna.

Tomat
Warna merah pada tomat menunjukkan tingginya kadar likopen. Pigmen warna merah pada sayuran dan buah ini merupakan senyawa alami antioksidan kuat. Pada pria yang mengalami defisiensi likopen, menyantap makanan kaya likopen dapat meningkatkan jumlah sperma dan kegesitannya secara nyata.

Likopen tidak mudah rusak oleh panas. Karena itu, banyak ahli menganjurkan kita mengkonsumsi pasta tomat atau saus tomat sebagai sumber likopen. Sayangnya, meskipun kandungan likopennya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat banyak dibubuhi bahan tambahan makanan (BTM, food additive) sintetis, yang justru merangsang munculnya lebih banyak radikal bebas. Nah, untuk mengambil manfaat likopen sebanyak mungkin, pilihlah tomat berwarna merah dan sebisanya tomat organik (dibudidayakan tanpa pupuk dan antihama kimia sintetis).

Makanan lain sumber likopen:
semangka merah, pepaya merah, jambu biji lokal merah, stroberi, jeruk bali merah, delima merah.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Tulisan dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: