Memori Perempuan Lebih Tajam

16 Maret 2010 pukul 13:23 | Ditulis dalam perempuan | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Memori perempuan lebih kuat dibandingkan laki-laki. Selain itu, daya ingat perempuan cenderung meningkat seiring pertambahan usia, sedang daya ingat laki-laki justru memburuk.

Peneliti belum menemukan penyebab pasti mengapa memori perempuan lebih tajam. Tapi, menurut peneliti, hal ini ada kaitannya dengan peran estrogen.

Dalam studi ini, peneliti memeriksa kemampuan memori 10.000 laki-laki dan perempuan yang merupakan partisipan dari sebuah studi jangka panjang mengenai kesehatan, pendidikan dan hubungan. Para partisipan berasal dari Skotlandia, Inggris, dan Welsh.

Rekam data dan perkembanga partisipan telah diikuti sejak mereka lahir di minggu yang sama pada 1958. Begitu memasuki usia ke-50, peneliti dari University of London’s Institute of Education meminta mereka mengikuti tes memori dan serangkaian percobaan lainnya.

Pada tahap awal, mereka diminta mendengarkan 10 kata setiap hari dan diberikan waktu dua menit untuk mengingat kata sebanyak mungkin. Lima menit kemudian, mereka diminta mendaftar kembali sepuluh kata tersebut.

Hasil menunjukkan, kemampuan perempuan dalam menyebutkan kata sebanyak mungkin lima persen lebih tinggi dan mendaftar kembali delapan persen lebih tinggi dibandingkan kemampuan laki-laki. Perbedaan hasil tes memori ini, terang peneliti Profesor Jane Elliott, tetap sama setelah peneliti memperhitungkan faktor lain, seperti kesehatan dan pendidikan.

“Hasil ini sangat menarik karena tetap konsisten setelah kami memperhitungkan faktor merokok dan jenis pekerjaan partisipan,” tutur Elliot, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, edisi Jumat (12/3).

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: