Melon dan Semangka Sebagai Sumber Air dan Vitamin A

28 Maret 2010 pukul 11:11 | Ditulis dalam buah-buahan, gizi | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Kedua buah ini tak cuma segar dimakan saat udara panas. Vitamin A dan C-nya menyehatkan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. Umumnya orang tak tahu kalau melon itu ‘satu keluarga’ dengan dengan labu dan
mentimun. Tak heran, umumnya melon punya struktur buah yang mirip dengan gambas atau bligo (labu hijau besar), yang punya daging buah yang tebal dengan biji-biji memenuhi rongga di bagian tengahnya. Perbedaannya, gambas dan labu dipandang sebagai sayur, sementara melon dipandang sebagai buah.

Melon aslinya berasal dari Timur Tengah. Secara bertahap, popularitas melon menyebar sampai Eropa. Catatan tentang melon bahkan ada di piramida Mesir Kuno bertarikh 2400 SM. Biji melon dibawa ke Haiti oleh Columbus dan akhirnya disebarluaskan oleh para penjelajah Spanyol berikutnya sampai ke Kalifornia. Melon merupakan salah satu dari beberapa buah-buahan yang tidak dimasak untuk memakannya. Kandungan vitamin C dan mineral potassiumnya sangat bagus, di samping tinggi kadar airnya dan rendah kalori. Dalam 177 gram potongan melon (1 gelas) terkandung karbohidrat 14,8 gram, protein 1,55 gram, lemak 0,5 gram, mineral potassium 546,9 miligram, vitamin A 5.706,5 IU (64% kebutuhan vitamin A harian), dan vitamin C
74,7 miligram (125% kebutuhan vitamin C harian). Sedangkan 2 porsi semangka salah satu keluarga melon memberikan zat besi yang lebih banyak dibanding buah lain untuk porsi yang sama. Jus semangka ini punya efek melancarkan buang air kecil.

Melon tidak punya cadangan pati yang bisa dirubah menjadi gula buah setelah melon ini masak di pohonnya. Jadi melon tak akan menjadi lebih manis setelah dipetik dan disimpan, meski teksturnya melunak. Malah kandungan gulanya menurun dengan cepat. Jadi sebaiknya melon dibiarkan saja di pohonnya sampai masak dan berbau harum dan baru dipetik ketika hendak dimakan.

Makan Melon = Minum Air
Tubuh kita 60% terdiri atas air. Agar tubuh bisa berfungsi lancar, kita dianjurkan  minum dua liter air per hari. Selain dari air minum, buah dan sayuran mengandung air dalam jumlah besar, lho. Termasuk melon dan semangka. Jika kita makan 100 gram melon, 91%-nya adalah air. Jika dimakan, air buah melon dengan mudah diserap tubuh kita, beserta vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.
——————————————-
Buah & Sayur Kadar air (%)
——————————————-
Cabe Hijau 94
Semangka 93
Tomat 93
Melon 91
Pepaya 89
Bawang bombay 89
Jeruk Orange 86
Apel 85
Pear 82
Pisang 76
Jagung manis 74

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: