CARA CERDAS ATASI KOLESTEROL TINGGI

7 April 2010 pukul 06:51 | Ditulis dalam Kesehatan | 1 Komentar
Tag: , , , , , , , ,

Kolesterol selalu menjadi topik perbincangan hangat mengingat jumlah penderitanya semakin tinggi di Indonesia. Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari berperan penting dalam mempengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Semakin baik pola dan kualitas makanan Anda sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebagai komponen lemak, kolesterol sebenarnya merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Lemak adalah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain sebagai sumber energi, lemak atau khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembuatan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah tepat. Tetapi ia bisa meninghkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan junk food.

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Beberapa cara bisa dilakukan menghindari ancaman penyakit yang berasal dari kolesterol tinggi.

  1. Penyakit akibat kolesterol tinggi bisa dihindari dengan cara mengubah pola hidup yang kurang baik, seperti menghindari konsumsi makanan dengan  kadar kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, misalnya  gorengan akan   lebih   baik   menggoreng   dengan   menggunakan  minyak  zaitun  karena mengandung  lemak tak jenuh tunggal dan kaya asam lemak  oleat atau omega 9 yang mampu menurunkan kadar  ” kolesterol jahat “ yaitu low density lipoprotein
    (LDL )  dan  pada  saat  bersamaan  mampu  menaikkan  high density lipoprotein ( HDL ) atau ” kolesterol baik ”
    Perubahan  pola  hidup  terutama  pola  makan bisa sangat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah Anda, makanan  yang  mengandung  banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi dibandingkan  makanan  yang digoreng dan bersantan. Konsumsi makanan  sehatpun  dapat  diartikan  dengan mengurangi makanan yang tinggi gula dan asupan alkohol.
  2. Kebiasaan  lain  yang  sangat menentukan adalah olahraga rutin, minimal selama 30 menit  setiap  hari, tiga kali seminggu, menghentikan kebiasaan merokok dan mengendalikan berat badan Anda.
  3. Konsumsi  bahan – bahan  alami  yang  terbukti  dapat  menjaga kadar kolesterol normal sebagai cara cerdas mencegah kolesterol lainnya.
    Bahan  alami tersebut salah satunya adalah ekstrak bawang putih. Bawang Putih      bermanfaat  menurunkan   LDL  dan  TG  ( 10 % ),  menurunkan   tekanan  darah, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke dengan cara menghambat terbentuknya gumpalan – gumpalan darah atau kolesterol

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Asswrwb,
    Lemak tak jenuh salah satunya Minyak Bunga Matahari yang kaya akan Omega 6 dan Asam Oleat, Mengenai Minyak Bunga Matahari ini kami mempunyai Produk Olahannya untuk Kesehatan, selengkapnya ada di http://sunflowerproduct.wordpress.com

    Salam Kenal dari Kami
    Griya Utama
    Pusat Pemasaran Produk Bunga Matahari
    di Jakarta utk Seluruh Indonesia
    021-84994277


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: