6 Makanan Untuk Meningkatkan Kerja Otak

12 Juni 2010 pukul 11:52 | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , , , , , ,

Bagaimana caranya berkonsentrasi? Selain melatih fokus, Anda juga perlu energi yang memicu kinerja otak bekerja maksimal. Beberapa makanan ini dapat menjadi referensi.

kopiKafein

Kafein dapat membuat Anda terjaga. Ia tidak dapat membuat Anda pintar dalam sekejap, tapi memberi energi yang membantu Anda fokus dan konsentrasi. Kafein dapat ditemukan di kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat.

Kafein memberikan efek terjaga dalam sekejap, sekalipun efeknya hanya sebentar. Tetap saja konsumsi kafein harus dibatasi karena dosis terlalu banyak membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

Gula

Gula dapat meningkatkan kewaspadaan. Ia adalah opsi utama sebagai energi untuk otak, tapi dalam bentuk glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat dan gula yang dikonsumsi. Itulah kenapa segelas air gula dapat membri efek jangka pendek untuk menajamkan ingatan, proses berpikir, dan kemampuan mental.

Namun konsumsi gula terlalu banyak justru mengganggu kinerja memori, bersamaan dengan fungsi tubuh lain.

Sarapan Kaya Serat

Studi telah membuktikan sarapan terbukti meningkatkan kerja memori dan fokus. Pelajar yang sarapan menunjukkan prestasi signifikan daripada pelajar yang tidak sarapan.

Sarapan yang dianjurkan adalah yang kaya serat seperti roti gandum, jeruk, dan susu. Lagi-lagi hindari sarapan terlalu banyak atau tinggi kalori yang berakibat menghambat konsentrasi.

ikanIkan

Ikan adalah sumber protein dan Omega 3 yang mendorong pertumbuhan otak. Mengonsumsi jenis omega 3 dapat mencegah demensia, dan resiko stroke, keterbelakangan mental, dan berperan penting untuk menajamkan fungsi memori, terutama untuk usia lanjut.

Cokelat dan Kacang

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan dan vitamin E, yang berkolerasi kuat untuk memerangi penuaan. Cokelat hitam juga kaya antioksidan dan mengandung stimultan seperti kafein, yang dapat menajamkan konsentrasi.

Konsumsi kacang dan cokelat hitam satu ons per hari untuk mendapat semua keuntungan. Tanpa kalori, lemak, atau gula.

wholebreadAlpukat dan Roti Gandum

Semua organ dalam tubuh tergantung aliran darah, terutama otak dan jantung. Roti gandum dan alpukat bersifat mengurangi resiko gangguan jantung dan menurunkan level kolesterol. Fungsi ini dibutuhkan untuk melancarkan aliran darah ke otak, dan kinerja otak lebih maksimal.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: