10 Makanan Pencegah Gigi Berlubang yang Wajib Anda Ketahui

13 Juni 2010 pukul 13:00 | Ditulis dalam Kesehatan, tips | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , , ,

LANGKAH umum menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah: periksa ke dokter gigi secara teratur, menggosok gigi dan flossing.

Selain ketiga langkah ini, Anda juga bisa mencegah gigi berlubang dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan apa saja? Berikut 10 makanan yang bisa menjadi pilihan Anda:

Sayuran

Mengonsumsi sayuran segar dan renyah tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh secara umum tapi juga membantu membersihkan gusi. Beberapa jenis sayuran kaya akan vitamin A, yang penting untuk pembentukan email gigi. Sayuran tersebut termasuk ubi jalar, brokoli, wortel dan labu.

Buah segar

Penyakit gusi seringkali disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh dan menghentikan gangguan gusi. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari buah-buahan seperti kiwi, strawberry dan apel.

…Penyakit gusi seringkali disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari buah-buahan seperti kiwi, strawberry dan apel…

Bawang putih

Jika bisa, mengonsumsi bawang putih mentah merupakan cara bagus untuk membunuh barbagai jenis bakteri dalam mulut. Makanan satu ini mengandung komponen sulfur antibakteri.

Seledri

Sama seperti sayuran segar, mengonsumsi seleri mentah membantu memijat gigi dan gusi. Selain itu, cara ini juga membantu memproduksi air liur yang berfungsi menetralkan bakteri penyebab lubang gigi.

Daging dan telur

Daging mengandung fosfor dan kalsium yang sangat penting dalam perkembangan tulang dan gigi sehat. Produk hewan seperti kalkun, ayam, daging sapi dan telur bisa menjadi pilihan Anda. Akan tetapi, hindari konsumsi daging berlebih. Konsumsi berlebih justru buruk bagi kesehatan.

Biji wijen

Selain kaya kalsium, biji wijen juga membantu membangun email gigi dan mengangkat plak.

Teh hijau

Teh ini dinyatakan sangat efektif melindungi gigi. Manfaat positif ini berasal dari kandungan fluorida dan polifenol (antioskdian tumbuhan) yang membantu mengurangi kejadian gigi berlubang dan penyakit gusi.

…Teh hijau sangat efektif melindungi gigi. Karena kandungan fluorida dan polifenol membantu mengurangi kejadian gigi berlubang dan penyakit gusi…

Air

Selain menjaga kebutuhan cairan tubuh dan gigi, air juga mengangkat partikel-partikel makanan dari sela-sela gigi. Di samping itu, minum air juga membantu produksi air liur. Air liur mengandung mineral penting untuk gigi.

Keju

Selain mengandung kalsium, keju juga mengandung fosfat yang membantu menyeimbangkan pH dalam mulut. Keseimbangan pH bermanfaat dalam mempertahankan dan membangun lapisan email gigi.

Susu dan yogurt

Kedua makanan ini juga kaya akan kalsium. Di samping itu, susu dan yogurt mempunyai tingkat keasaman dan kandungan gula rendah. Kedua faktor ini mencegah kerusakan gigi.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: