Cuaca Tidak Menentu, Perbanyak Minum Air Putih

22 Agustus 2010 pukul 11:11 | Ditulis dalam tips | 1 Komentar
Tag: , , , , ,

Musim yang tidak beraturan seperti ini sangat memengaruhi badan. Cuaca yang sebentar panas, sebentar hujan, membuat tubuh gampang drop. Jika biasanya kita masih kebal menghadapi kejamnya angin malam, sekarang boleh jadi, terkena embusan dingin sedikit, badan sudah meriang. Puasa yang biasanya dijalani dengan santai, sekarang kita mudah sekali lelah.

Tubuh gampang drop akibat daya tahan yang melemah. Maka, menghadapi cuaca ekstrem begini, pasukan kesehatan alami itu harus dioptimalkan. Mengonsumsi makanan bergizi jelas menjadi kunci utama. Terutama makanan-makanan yang kaya antioksidan.

Ketua DPD Persagi Jatim Andriyanto SH MKes mengatakan, musim yang tidak beraturan memacu munculnya radikal bebas. Zat merugikan tersebut bisa berasal dari mana saja, mulai polusi kendaraan, debu, hingga makanan. Sangat mungkin zat itu masuk ke dalam tubuh dan melemahkan sistem imun.

Untuk melawan radikal bebas, dibutuhkan zat antioksidan. Bahan itu banyak terdapat dalam vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Mineral seperti selenium juga kaya pasokan antioksidan. Bahkan, selenium berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat metabolisme tubuh.

Masih terkait dengan daya tahan tubuh, ada satu hal yang sering dilupakan. Apa itu? Minum. Menurut Andriyanto, kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi 2 liter air per hari masih sangat kurang. ”Di Jawa Timur, konsumsi air minum masyarakat tidak sampai 2 liter. Bahkan, ada satu daerah yang saya temui, konsumsi air minumnya kurang dari 1 liter,” papar Andriyanto.

Keberadaan air minum penting untuk kesehat­an ginjal. Lebih dari itu, air minum bermanfaat untuk menghindarkan dehidrasi serta dibutuhkan untuk mengikat oksigen dan memperlancar aliran darah ke otak. Jika konsumsi air minum kurang, otomatis pasokan oksigen ke otak kurang lancar. Kerja otak menjadi tidak maksimal.

Masalah lain, pasokan air yang kurang membuat sisa metabolisme di dalam usus tidak terbuang sempurna. Sisa makanan mengendap sehingga memicu munculnya bakteri. Kerja sistem imun menjadi berlipat. Tidak hanya menghadapi cuaca ekstrem, tapi juga musuh-musuh dari dalam. Ke­sehatan tubuh tambah rentan lagi.

Soal konsumsi air minum itu, langkah yang paling mudah adalah menenggak air putih biasa. Lebih baik lagi, kata Andriyanto, air minum itu beroksigen. Kadar oksigen tersebut akan memberikan kesegaran tersendiri, baik bagi tubuh maupun otak

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. mantapp informasi nya keren .. membantu banget..

    salam kenal .. di tunggu kunjungan baliknya ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: